Pernah gak waktu kamu mau pergi ke mall atauke pasar swalayan atau mall yang rencananya hanya membeli yang telah kamu tilisatau inginkan ternyata sampai disana kamu belanja dari apa yang kamu rencanakandiawal, atau bahkan saat mau ke mall yang rencananya cuman pengen jalan2ternyata akhirnya belanja? ternyata pengelola mall atau pasar swalayan memilikitrik khusus untuk pengunjung agar membelanjakan uang mereka lebih dari yangdirencanakan, apakah itu simak fakta-fakta dibawah ini.
5. Merubah letakbarang-barang secara berkala
kamu datang dengan daftar belanjaan Itulahyang paling ditakuti para pengelola pasar swalayan. Tp ternyata mereka tidakkekurangan akal. Rotasi saja letak rak-rak secara berkala. Hal ini akanmembuat kamu harus mencari letak barang yang kamu beli, saat kamu mencari barang yang kamu beli tentu saja kamu juga harus melewati barang-barang lain,di sinilah pikiran kamu mulaimemanipulasi kamu untuk membeli barangyang tidak kamu perlukan karena terpengaruhtulisan disc dan buy 1 get 1
4. Memperbesarbudget Kamu
kamu datang dengan batasan tertentu Hari inisaya Cuma boleh belanja Rp 300.000,00, namun tentu saja kamu tidak mungkin hanya membawa Rp300.000,00 kan? Bahkan pada umumnya pembeli juga membawa ATM atau kartu kredit.
Bagaimana cara memperbesar budget kamu ? Ternyata mudah.. Gunakan harga yangtidak pas seperti Rp 12.890,00. Saat kita melihat satu harga seperti ini kitaakan langsung sadar bahwa sebenarnya harganya adalah Rp 13.000, rupiah. Namundengan banyaknya barang yang kamu beli(dan seringkali untuk satu jenis tidak hanya satu), secara tidak sadar ketikamenjumlahkannya kamu akan membulatkannya menjadi Rp 12.000,00. Danjangan heran ketika kamu membayar kamu kaget karena uang kamu menjadi kurang.
3. Ubin ukuran 30x 30
Mungkin kamu sudah pernah berkunjung ke Ma**o ataupun Af**, harga merekabersaing, pengunjungnya dulu juga banyak, tetapi mengapa mereka merugi?Jawabannya ada pada ubin mereka. Mereka menggunakan cor semen polos untuklantai mereka. Hal ini menyebabkan para pengunjung yang berkunjung secara tidaksadar berjalan dengan cepat. Berbeda dengan pesaingnya semacam Hyper***, merekamenggunakan ubin ukuran 30×30, menurut riset inilah ukuran yang paling tepat untukmembuat para pengunjung memperlambat langkah mereka dan menengok kanan kiri,para pengunjung akan memperlambat langkah mereka karena mereka secara tidaksadar mengalami guncangan-guncangan karena roda troli mereka melewati sambunganubin.
2. Tidak semuakasir aktif
Ini juga trik cerdik mereka. Dengan jumlahkasir yang sedikit akan mulai terjadi antrian, biasanya pengelola pasarswalayan mempunyai pedoman bahwa panjang antrian harus sejumlah 7-9 orang.Jumlah antrian ini akan membuat pengunjung merasa pusat perbelanjaan tersebutadalah pusat perbelanjaan yang ramai. Selain itu sambil mengantri mereka jugaakan melihat-lihat etalase di samping kasir, antrian ini memperbesarkemungkinan mereka untuk membelinya.
1. Memajang snackdan permen di samping kasir
Ini trik tercerdik. Para pengelola memasangsnack dan makanan kecil di samping kasir setinggi mata anak balita. Balita yangikut mengantri dengan orangtua tentu akan sangat tergoda dan meminta kepadaorangtuanya untuk dibelikan snack tersebut.